International Humanitarian – Dalam dunia parenting, banyak sekali masalah yang biasanya dihadapi, seperti mengatasi berbagai masalah yang sering terjadi dan dilakukan anak-anak. Apa saja ya masalah yang biasanya sering dihadapi para prang tua saat mengasuh anak ?

1. Anak Berbohong

Masalah pertama yang sering dihadapi adalah kebohongan yang dilakukan anak. Sejak kapan anak mulai bsia berbohong? Anak Anda mulai bisa berbohong kira-kira pada usia 2,5 tahun. Ada 3 alasan anak berbohong yaitu untuk mencari perhatian, menghindari masalah, atau membuat dirinya merasa lebih baik.

Lalu bagaimana cara menghadapinya ? Anda dapat menanamkan sikap jujur dan memberikan konsekuensi jika anak berbohong. Tunjukkan kepada anak jika Anda lebih senang jika anak jujur, dan ketika anak sudah jujur, Anda harus menghargai kejujurannya dengan memberikan kelonggaran terhadap konsekuensi yang ada.

 

2. Sering Membantah

Masalah kedua yang biasanya dialami orang tua adalah anak sering membantah. Hal ini biasanya dimulai sejak usia 4-5 tahun. Anda sebagai orang tua harus tahu bagaimana caranya mengatasi masalah ini secepat mungkin agar perilaku buruk ini tidak terus terjadi. Bagaimana ya caranya mengatasi hal tersebut ?

Ajarkan bahasa yang sopan dan baik untuk anak mengungkapkan pendapatnya. Berikan pengertian bahwa semua hal yang dia inginkan tidak bisa terpenuhi semuanya, bahkan mungkin tidak akan terpenuhi. Anda juga harus memberikan pujian kepada anak jika dapat berkata-kata dengan sopan.

 

3. Mengalami Gangguan Psikososial

Selanjutnya beberapa anak juga mengalami gangguan psikososial, dapat dikatakan hal ini cukup serius dan perlu ditangani dengan baik, bahkan membutuhkan bantuan tenaga profesional.

Beberapa gangguan psikososial adalah ADHD, ODD, bipolar, conduct disorder, dan gangguan kecemasan. Keadaan ini biasanya akan mempengaruhi perilaku, emosional, fungsi fisik, dan performa mental si anak. Gangguan psikososial ini memang tidak bisa diatasi sendirian, karena butuh dilakukan terapi dan evaluasi dari seorang psikolog dan psikiater.

Semua masalah yang terjadi pada anak haruslah Anda tangani dengan bijak dan cara yang tepat disesuaikan dengan karakter dan sifat si kecil, karena kadang-kadang tidak bisa melakukan cara yang sama terhadap anak yang berbeda.