International Humanitarian

Diperpanjangnya PPKM mengakibatkan recana pembelajaran tatapa muka harus di udur kembali sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Alhasil pembelajaran sekolah masih harus secara daring dna orang tua masih harus mendampingi selama belajar di rumah. Tentunya hal ini membuat jenuh beberapa orang tua karena banyaknya pekerjaan yang juga harus dilakukan bersamaan dengan mendampingi sekolah online. Lantas bagaimana cara atau tips yang paling efektif untuk mendampingi anak belajar dari rumah dengan baik ?

 

1. Mengenal Karakter Anak

Hal pertama yang paling penting kita pahami adalah karakter anak. Sebagai orang tua, Anda harus bisa memahami bagaimana karakter anak pada saat belajar, bermain, dan menghadapi hal-hal yang sulit, karena pemahaman ini yang nantinya akan membantu Anda dalam mendampingi dan memberikan yang terbaik selama belajar daring di rumah.

 

2. Membuat Jadwal Harian

Selain mendapatkan jadwal mata pelajaran sekolah, Anda juga harus mulai membuatkan jadwal harian untuk anak Anda, kapan mereka harus belajar, membuat tugas, bermain, makan, dan tidur. Sekolah online membuat kegiatan yang dilakukan di rumah lebih fleksibel sehingga jika tidak diatur dan dibatasi oleh jadwal yang tepat, manajemen waktu belajar anak bisa berantakan.

 

3. Mengajari Anak Mengoperasikan Aplikasi

Tips selanjutnya adalah Anda harus mengajari anak dalam mengoperasikan aplikasi yang digunakan untuk belajar online. Sebelum mengajari anak Anda, pastinya Anda harus paham dan mahir terlebih dahulu dalam mengoperasikan aplikasi yang ada seperti zoom, google meet, google classroom, google form, dan lain-lain.

Setelah Anda paham, barulah ajarkan kepada anak, agar anak lebih mandiri dan bisa mengoperasikannya sendiri tanpa bantuan Anda. Hal ini dilakukan agar memberikan rasa tanggung jawab sekolah kepada anak walaupun sedang menjalani sekolah online.

 

4. Mengikuti Pertemuan Daring

Tidak cukup hanya mengajarkan cara mengoperasikan aplikasi belajar online kepada anak, tetapi pada saat ada pertemuan daring atau mata pelajaran yang dijadwalkan untuk diajarkan melalui zoom atau google meet, Anda juga harus mendampinginya, apalagi jika anak Anda masih di Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Dasar kelas 1 sampai 3.

 

5. Mengecek Tugas

Setelah mendampingi anak mengikuti zoom atau google meet, Anda juga harus mengecek kembali tugas-tugas yang disampaikan guru melalui google classroom maupun group WhatsApp. Pengecekan tugas ini bertujuan agar tidak ada tugas yang tertinggal dan usahakan anak mengerjakan tugasnya secara mandiri.