International Humanitarian – Parenting atau mendidik anak adalah sebuah tanggung jawab yang besar dan dijalankan seumur hidup.

Setiap orang tua pasti memiliki pola dan cara mendidik anak masing-masing. Segala cara pasti dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati kita. Namun sebenarnya seperti apa sih tips parenting yang terbaik yang mungkin bisa Anda coba terapkan untuk anak-anak Anda.

1. Jangan Terlalu Mengekang Anak

Tips yang pertama adalah jangan terlalu mengekang anak. Sebagai orang tua, Anda pasti menginginkan yang terbaik bagi anak. Biasanya orang tua akan mengarahkan anak untuk belajar skill skill yang menurutnya berguna.

Ternyata menurut penelitian lebih baik anak diberi ruang untuk mengembangkan imajinasinya. Biarkan anak mengasah apa yang menjadi kekuatannya. Anak akan menjadi cerdas Jika dia bisa mengembangkan imajinasi dan skill yang dia miliki.

 

2. Konsisten

Tips selanjutnya adalah konsisten. Dalam mengasuh anak Anda harus konsisten terhadap batasan atau peraturan yang Anda berikan untuk anak anda.

Berusahalah untuk selalu turut melakukan apa yang Anda kehendaki terhadap anak anda. Jika suatu ketika atau seringkali Anda melanggar peraturan yang anda tetapkan, anak akan melihat dan menirunya, sehingga Anda akan kesulitan mengatur anak Anda.

 

3. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Kita hidup di zaman teknologi menguasai segalanya. Mendidik anak merupakan sesuatu yang dinamis, harus mengikuti perkembangan zaman. Mungkin ada beberapa metode mendidik anak yang sudah tidak relevan dengan perkembangan sekarang.

Anak juga perlu mengenal gadget dan teknologi yang sedang berkembang. Biarkan anak memanfaatkan teknologi yang ada. Jangan selalu beranggapan bahwa teknologi membawa pengaruh yang negatif terhadap anak.

Banyak sekali hal-hal positif yang bisa kita ambil untuk perkembangan si kecil. Anak bisa belajar berhitung, menulis, berbicara, berekspresi, percaya diri dari konten yang mereka lihat. Anda akan sangat dikejutkan kan oleh kemampuan si kecil yang sudah melek teknologi.

 

Ketika tips parenting di atas merupakan sebagian kecil dari tips terbaik yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Dapat dikatakan pola mendidik anak itu sangat dinamis, harus luwes mengikuti kebutuhan zaman.