International Humanitarian – Menggambar merupakan aktivitas yang dilakukan dan diajarkan sejak masa kecil. Pasti awalnya mereka diajarkan untuk membuat garis, titik, kemudian bangun-bangun datar yang sederhana seperti lingkaran, segitiga, persegi. Faktanya, kegiatan menggambar memiliki banyak manfaat baik bagi si kecil, lho. Apa saja manfaatnya?

 

1. Berpikir out of the box

Dengan menggambar, dapat melatih anak untuk berpikir out of the box atau tidak biasa-biasa saja. Saat menggambar, anak pasti akan mengembangkan imajinasinya, apa yang dia lihat harus dituangkan dalam sebuah gambar. Anak-anak yang gemar menggambar, dipercaya akan lebih mudah sukses di masa depan, karena mereka biasa menggali ide dan imajinasi yang out of the box agar gambar yang dibuat semakin identik dan apik. Dalam menggambar, anak juga harus kreatif dalam memadukan berbagai warna.

 

2.   Melatih Kesabaran

Manfaat yang kedua adalah menggambar dapat melatih kesabaran. Anak-anak harus sabar untuk membentuk sebuah gambar dan kemudian mewarnainya satu demi satu degan rapi, tidak boleh keluar garis. Maka untuk menghasilkan gambaran yang cantik, anak harus sabar dan tidak boleh terburu-buru.

 

3. Membuat Anak Ekspresif

Manfaat yang selanjutny adalah membuat anak lebih ekspresif. Anak-anak dapat menuangkan ekspresinya dan apa yang dia rasakan melalui gambar. Mereka mungkin dapat berkomunikasi melalui gambar, dapat mengeluarkan apa yang tidak bisa dikatakan oleh kata-kata maupun perbuatan mereka.

 

4.  Melatih Kecerdasan Motorik

Menggambar sudah jelas dapat melatih kecerdasan motorik si kecil. Gerakan tangan si kecil membuat goresan dan akhirnya menghasilkan gambar sangat melatihan keluwesan otot motoriknya.

 

5. Belajar berorganisasi

Kemudian, menggambar juga mengajarkan si kecil mengenai berorganisasi. Mulai dari menentukan ingin menggambar apa, sampai merencanakan posisi dna letak gambarannya, dan lalu mengeksekusi rencananya. Hal mengelompokkan ini dapat meningkatkan keterampilan si kecil dalam menyelesaikan suatu proyek ke depan.

 

6.  Mengatasi Gangguan Mental atau Trauma

Ternyata menggambar dapat menjadi solusi bagi anak-anak yang memiliki gangguan kesehatan mental atau trauma tertentu, contohnya muncul rasa takut yang berlebihan, cepat marah, melukai diri sendiri.

Menurut penelitian, seni dapat menjadi terapi bagi anak-anak yang mengalami trauma. Dengan menggambar mereka dapat memulihkan keadaan psikisnya yang terguncang, karena memang menggambar dapat digunakan sebagai wadah untuk menuangkan perasaan yang tidak bisa diungkapkan.