International Humanitarian – Penggunaan gadget oleh anak-anak saat ini bukan merupakan hal yang baru, bahkan sudah menjadi hal yang sangat normal. Gadget dapat menenangkan bahkan mengedukasi anak-anak. Mereka bisa menonton video dan bermain games yang sangat banyak di gadget Anda. Kebanyakan orang tua juga sudah bergantung pada gadget untuk mengatasi tingkah merepotkan dari si anak. Bahkan banyak anak sudah memiliki gadget sendiri agar tidak menganggu mobilitas orang tua dalam menggunakan smartphone nya.

Paparan gadget yang terlalu lama bagi anak-anak pada akhirnya dapat menjadikan kecanduan dan kebiasaan buruk bagi anak seperti kurang fokus, malas berpikir, berperilaku buruk meniru dari video yang ditonton, dan menganggu kesehatan mata. Dengan situasi tersebut, perlu diwaspadai sebenarnya berapa lama waktu ideal untuk anak-anak menggunakan gadget? Berikut ada beberapa saran dari lembaga kesehatan dunia untuk penggunaan gadget bagi anak-anak.

 

1. Bayi Berusia Kurang dari 1 Tahun

Pada usia ini, sangat tidak disarankan bayi menggunakan gadget. Lebih baik pada usia kurang dari 1 tahun, mereka harus diberikan kegiatan yang bisa membantu tumbuh kembang mereka seperti aktif bergerak dengan belajar tengkurap dan aktif bermain. Sebaiknya Anda memberikan waktu istirahat yang cukup kepada bayi karena jam tidur mereka masih panjang. Sertakan aktivitas yang bisa membangun literasi anak seperti membacakan cerita.

 

2. Usia 1-2 Tahun

Waktu terbaik untuk anak usia 1 hingga 2 tahun menatap layar gadget adalah tidak lebih dari 1 jam. Pada usia ini lebih baik meningkatkan aktivitas fisik yang mengembangkan sensor motorik dan psikomotorik anak. Anda sebagai ornag tua juga harus terlibat dalam aktivitas yang dilakukan. Pendampingan orang tua sangatlah penting saat bermain maupun menggunakan gadget. Usahakan orang tua aktif berbicara kepada anak agar anak juga dapat berbicara dengan cepat karena sudah sering mendengarkan banyak kata.

 

3. Usia 3 – 4 Tahun

Kemudian untuk rentang usia 3 hingga 4 tahun ssebenarnya tidak jauh berbeda dengan rentang usia sebelumnya. Waktu ideal untuk bermain gadget adalah tidak lebih dari 1 jam. Tetap lakukan aktivitas fisik bersama anak kurang lebih 3 jam. Saat membacakan cerita, coba libatkan anak dalam kegiatan tersebut. Anda juga dapat mencoba melatih anak untuk menceritakan kembali ceritanya atau bisa juga menjelaskan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan. Yang paling penting juga, Anda harus terus mendampingin penggunaan gadget anak-anak Anda untuk memonitor apa yang dia lihat, serap, dan pelajari.