International Humanitarian – Pengunaan gadget sudah menjadi aktivitas yang wajar, melekat, dan tidak bisa dilepaskan oleh kita bahkan anak-anak. Satu jam saja tidak mengecek gadget rasanya ada yang kurang. Mulai dari bayi, anak-anak sudah diperkenalkan dengan gadget, entah itu untuk foto atau menonton video lucu yang bisa membuat si kecil tenang. Ternyata kebiasaan yang dikenalkan sejak kecil terus terbawa seiring bertumbuhnya anak. Hampir semua anak kecil zaman sekarang tidak ada yang tidak mengenal gadget, semua mengerti bahkan lebih pintar dalam menggunakan gadget dibanding orang tuanya. Mereka dapat mengoperasikan gadget tanpa diajari terlebih dahulu. Nah, gadget yang kita anggap dapat menenangkan anak ternyata bisa membahayakan mereka. Jika anak sudah tidak ingin lepas dari gadgetnya, bisa dikatakan bahwa dia sudah kecanduan gadget, tidak hanya membahayakan kesehatan fisik tetapi juga emosional sang anak.

 

Cara Membatasi Penggunaan Gadget

1. Tetapkan Jadwal

Cara yang pertama adalah menetapkan jadwal. Anda dapat membatasi anak menggunakan gadget dengan menentukan durasinya per hari. Menurut penelitian, sebenarnya anak cukup memainkan gadget selama 1-2 jam sehari saja. Biasakan anak untuk meminta izin terlebih dahulu jika ingin bermain gadget, dan Anda pastinya harus mengawasi dan tegas terhadap peraturan yang Anda buat. Jika sudah lebih dari 2 jam, sebaiknya minta gadget untuk dikembalikan kepada Anda.

 

2. Berikan Penjelasan

Tidak hanya membuat peraturan dan melarang, tetapi Anda juga harus memberikan penjelasan yang jelas untuk Anak Anda. Berikan pengertian mengapa Anda membatasi penggunaan gadget, dan mengapa gadget dan media sosial dapat membahayakan anak-anak. Permudah dengan bahasa mereka yang mudah dimengerti dan dipahami. Ajarkan untuk menahan diri dalam menggunakan gadget. Dengan begitujuga akan membantu mengontrol emosi dan tingkah laku mereka. Selain memberikan penjelasan, sebagai orang tua Anda juga harus menjadi contoh yang baik, karena anak paling mudah meniru orang tuanya.

 

3. Lakukan Aktivitas Bersama

Daripada sibuk bermain gadget, lebih baik Anda melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama anak Anda. Mengajak anak bermain bersama dapat menjadi alternatif terbaik untuk menghindari penggunaan gadget terlalu lama bagi anak. Dengan bermain juga dapat meningkatkan kualitas waktu Anda bersama si kecil.