International Humanitarian – Cuaca yang tidak menentu, membuat kondisi anak lebih mudah terserang batuk dan pilek. Dalam kondisi pandemi, Anda perlu waspada dan bergerak cepat untuk mengatasi batuk pilek si kecil. Anda dapat mencoba beberapa bahan alami ini untuk meredakan batuk pilek anak.

1. Madu

Madu merupakan salah satu obat pereda batuk pilek yang aman dikonsumsi semua anak. Rasanya yang manis juga mempermudah dikonsumsi anak. Menurut penelitian, kandungan anti mikroba di dalam madu dapat melawan virus yang menyebabkan flu, dan rasa manis madu dapat mengencerkan lendir.

 

2. Bawang Merah

Anda juga dapat menggunakan bawang merah untuk meredakan batuk pilek si kecil dari luar. Potong tipis bawang merah dan campurkan dengan minyak kelapa, lalu oleskan mulai dari ubun-ubun ke seluruh tubuh, sambil pijat perlahan agar khasiatnya menyerap. Bawang merah yang dicampur minyak kelapa mengandung minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin, dan floroglusin, yang bermanfaat untuk meredakan batuk dan pilek.

 

3. Jahe

Hangat dari jahe juga dapat mengobati batuk dan pilek si kecil. Obat tradisional ini memnag sudah terkenal bisa mengobati flu dan masuk angin semua kalangan usia. Nah, untuk dikonsumsi anak-anak, Anda dapat merebus 1 ruas jahe, kemudian airnya dicampur dengan gula aren, agar tidak terllau pedas. Takaran konsumsi untuk anak usia 2-5 tahun adalah 1 kali sehari, sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun bisa dikonsumsi 2 kali sehari

 

4. Kencur

Selain jahe, kencur juga terbukti ampuh mengobati flu khususnya batuk. Kencur aman dikonsumsi semua usia, bahkan anak kecil sekalipun. Kupas kencur dan bersihkan dengan cara dicuci. Kemudian parut kencur, peras, dan campur hasil air kencur dengan 2 sendok air putih. Jangan lupa tambahkan sedikit madu, agar rasanya lebih bersahabat dikonsumsi anak-anak. Jika batuk dan pilek yang diderita si kecil lumayan parah, dapat mengonsumsi kencur 2 hingga 3 kali sehari.