Sekarang, ada banyak organisasi non-nirlaba atau organisasi sosial yang bergerak di berbagai bidang. Salah satunya adalah membantu kesejahteraan anak dan keluarga. Hal tersebut penting karena jika sebuah keluarga sejahtera, maka kehidupan anak dan anggota keluarga juga menjadi baik. Kesejahteraan keluarga disini bisa termasuk kesehatan, keuangan, dan pendidikan.

Mari kita akan melihat salah satu organisasi di Kanada yaitu C4K Foundation yang bergerak untuk membantu anak-anak dan keluarga yang membutuhkan.

Siapa Mereka ?

C4K Foundation atau kepanjangannya Champion For Kids merupakan organisasi yang bergerak di bidang kesejahteraan anak. Organisasi yang berada di Kanada ini sudah berdiri sejak 2008. Tujuannya membantu anak-anak di Upper Canada District School Board’s (UCDSB) dan keluarganya. Tidak hanya itu, mereka juga membantu biaya kesehatan.

Data statistik menunjukkan 12-19% anak-anak di Ontario hidup di bawah garis kemiskinan. Banyak dari keluarga yang berjuang keras untuk memenuhi kehidupan dan menyejahterakan ana mereka. Organisasi ini ada bertujuan untuk membantu masalah tersebut.

Sebesar $1,75 juta sudah disalurkan oleh C4K Foundation kepada anak dan keluarga yang membutuhkan. Dana yang disalurkan sudah membantu ratusan anak seperti mengikuti summer camp, pelatihan tari, pertandingan sepak bola, dan masih banyak lagi. Organisasi ini juga sudah membantu keperluan kesehatan seperti membayar biaya kacamata dan pengobatan kanker.

Bagaimana C4K Foundation Menggalang Dana ?

Untuk menggalang dana, C4K Foundation selalu mengadakan event rutin setiap tahunnya. Ada empat atau lima event yang biasanya dilakukan, seperti turnamen golf, fun run, menari, dan lain-lain. UCDSB juga didorong untuk melakukan penggalangan dana, sehingga C4K Foundation juga mendapat keuntungan dari menjual roti, pelelangan, penjualan buku, dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat bantuan dana dari organisasi lain.

Turnamen Golf ke 13 untuk C4K Foundation ditunda.

Ditunda

Kata ditunda menjadi populer semenjak merebaknya virus COVID-19 dan dinyatakan WHO sebagai pandemi. Banyak kegiatan dan event yang harus mau tidak mau ditunda oleh semua orang demi menjaga keselamatan dan kesehatan diri sendiri maupun orang-orang terkasih, dan orang lain. Himbauan untuk menjaga jarak selama pandemi membuat kita harus membatasi aktivitas kita di luar rumah.

Selama masa pandemi, C4K Foundation terus berkomitmen membantu keluarga yang membutuhkan. Banyak keluarga yang mengalami krisis keuangan dan makanan di masa pandemi ini. C4K juga membantu biaya pengobatan yang sedang dibutuhkan beberapa keluarga.

Turnamen golf yang dijadwalkan tahun depan akan diundur dan belum ditentukan jadwalnya. Turnamen ini merupakan turnamen tahunan yang paling besar untuk menggalang dana bagi C4K Foundation. Jadwal penundaan turnamen ini akan diumukan lebih lanjut oleh panitia turnamen golf. Walaupun turnamen golf ditunda sebagai salah satu event penggalangan dana, Champion for Kids tetap terbuka terhadap bantuan dana yang masuk, yang nantinya akan disalurkan kepada keluarga yang membutuhkan.

Bantuan kita sangat penting bagi mereka yang membutuhkan. Jadi, jika Anda berminat untuk menyisihkan pendapatan dan membantu anak-anak di UCDSB, Anda dapat langsung mengunjungi website C4K Foundation.Di website tersebut, Anda bisa menemukan segala informasi, mengenai profil, cara berdonasi, dan pastinya cerita menginspirasi dari berbagai anak dan keluarga yang sudah dibantu.