International Humanitarian – Penting sedari dini untuk merawat kesehatan gigi dan mulut buha hati Anda. Walaupun gigi anak kecil merupakan gigi susu yang nantinya akan berganti dengan gigi tetap, namun bakal giginya tetap harus dirawat dan dijaga sedari dini.

Permasalahan gigi dan mulut pada anak tidak hanya plak, gigi berlubang, karies gigi, tetapi bisa saja terdapat penumpukan infeksi  pada gigi, sehingga muncul nanah di gusi tempat gigi yang terinfeksi. Keadaan tersebut dinamakan abses gigi. Nanah yang berada di gusi lama kelamaan akan menimbulkan rasa nyeri.

Gejala munculnya abses gigi adalah gusi bengkak, merah, gigi goyang, gigi sensitif terhadap panas dan dingin, keluar nanah dari benjolan pada gusi, bau mulut, nyeri pada gigi yang menjalar hingga ke dagu, leher, dan telinga, serta bisa muncul demam.

Abses gigi penyebabnya bisa bermacam-macam. Pertama, kondisi kebersihan mulut dan gigi yang kotor. Gigi yang tidak dirawat dan disikat dengan rutin, pasti menyisakan kotoran yang justru menyebabkan sarang bakteri dan timbulnya penyakit. Kemudian bisa disebabkan oleh terlalu sering mengonsumsi makanan dna minuman yang manis. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan lubang pada ujung gigi dan dengan mudah berkembang menjadi abses gigi. Penyebab ketiga adalah penggunaan obat antibiotik untuk periodontitis.

Kemudian bagaimana cara mengatasi nanah di gusi anak ?

1. Keluarkan Nanah

Untuk mengeluarkan nanah, perlu bantuan dokter, jangan mengeluarkan nanahnya dengan memencet sembarangan. Biasanya dokter akan memberikan bius lokal sebelum menyayat dan mengelaurkan nanah yang ada di gusi. Nanahnya dikeluarkan hingga bersih.

 

2. Minum Obat

Jika anak Anda masih terlalu dini untuk menjalani operasi dan lain-lain, biasanya dokter gigi akan memberikan antibiotik dna obat pereda rasa nyeri. Obat tersebut dapat membantu mengatasi pembengkakan dan mencegah penyebaran infeksi.

 

3. Merawat Gigi 

Hal terakhir dan paling sederhana namun sangat penting dilakukan adalah menyikat gigi anak 3 hingga 4 kali sehari. Bisa saat mandi pagi, sebelum tidur siang, saat mandi sore, dan terakhir sebelum tidur malam.

Selain menggosok gigi, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan, supaya anak Anda tidak makan makanan dan minuman yang terlalu manis terus menerus.