International Humanitarian – Kabar yang kurang baik datang dari belahan bumi di bagian timur yaitu Palestina dan Israel. Ramadhan 2021 merupakan momen yang menyedihkan dan menegangkan bagi rakyat Palestina di Yerusalem Timur.

Kronologi

Baru-baru ini di Masjid Al-Aqsa terjadi kejadian yang mengagetkan, karna polisi Israel menyerang warga Palestina yang sedang berbuka puasa, salat tarawih, dan itikaf untuk mengejar Lailatul Qadar.

Polisi Israel habis-habisan menghajar smeua warga Palestina tanpa melihat usia, jenis kelamin, maupun kondisi di sana. Banyak sekali warga Palestina yang harus berdarah-darah.

Menurut data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terdapat puluhan anak-anak Palestina, bahkan bayi-bayi warga Palestina terluka parah akibat kekejaman aksi polisi Israel tersebut. Tambahan data dari UNICEF ada 29 anak yang terluka dalam kerusuhan di Masjid Al-Aqsa.

Selain itu, ada delapan orang anak Palestina ditangkap dan ditahan pihak Kepolisian Israel.

Kekerasan pasukan keamanan Israel terhadap rakyat Palestina di Kompleks Masjidil Aqsa ini sudah terjadi selama tiga hari berturut-turut.

Kebanyakan dari merea mengalami luka di bagian kepala dan tulang belakang. Penyelamatan anak-anak maupun warga Palestina yang terluka terhambat oleh tindakan polisi Israel.

Mereka melarang ambulans masuk ke Kompleks Masjidil Aqsa untuk membawa warga Palestina yang menjadi korban bentrokan. Klinik darurat pun dijadikan sasaran polisi Israel.

Pihak Israel

Di lain sisi ketika warga Palestina terkena musibah, warga Israel justru bersorak sorai menyambut hari pendudukan Yerusalem Timur yang seharusnya dimiliki Palestina. Mereka berpawai, bernyanyi, dan mengejek lawan mereka.

Dalam sejumlah video mereka membawa bendera Israel, berkeliling sambil berteriak-teriak di tengah bentrokan penuh kekejaman di Kompleks Masjid Al- Aqsa.

Tanpa rasa takut dan khawatir, mereka melompat-lompat dan bergandengan tangan merayakan kekalahan Palestina di masa lampau.

Mereka juga khidmat berdoa di Tembok Barat yang diyakini sebagai reruntuhan Haikal Sulaiman, tempat paling suci bagi Yahudi Israel.