International Humanitarian – Penyebaran virus COVID-19 di Indonesia semakin parah, bahkan kasus harian terus meningkat melebihi keadaan di India. Angka kematian COVID-19 di Indonesia minggu lalu mencapai lebih dari 70.000. Semua aspek kehidupan sangat terdampak oleh merebaknya virus ini.

Situasi saat ini, banyak anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena terkena Covid-19. Anak-anak tersebut sekarang posisinya adalah anak yatim bahkan ada yang yatim piatu. Menurut data, jumlah anak yatim yang perlu dirawat di Indonesia saat ini jumlahnya meningkat.

Keluarga-keluarga di Indonesia juga banyak yang mengalami kemiskinan karena mereka kehilangan pencari nafkah. Dari faktor tersebut, menurut Save The Children di Indonesia. ada kemungkinan peningkatan risiko anak-anak dapat didorong ke dalam pernikahan anak, pekerjaan atau dikirim ke panti asuhan jika mereka masih memiliki salah satu orang tua mereka. Mengapa? Karena orang tua kurang mampu membiayai kebutuhan anak.

Maka dari itu, Save the Children di Indonesia bekerja untuk memastikan anak-anak yatim piatu akibat COVID-19 di Indonesia menemukan keluarga terdekat, wali terdaftar atau keluarga asuh. Karena bisa saja anak-anak tersebut berakhir di panti asuhan atau diadopsi secara ilegal.

Pada kenyataanya, anak-anak di keluarga miskin dengan satu pengasuh terkadang dikirim ke panti asuhan karena keluarga tidak memiliki keuangan yang cukup untuk menghidupi mereka.

Save the Children bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mereformasi sektor pengasuhan, memastikan bahwa anak-anak diasuh oleh keluarga terdekat atau, jika tidak, diadopsi atau ditempatkan di keluarga asuh daripada dikirim ke panti asuhan.

Organisasi non- pemerintah ini menyanggupi untuk membantu melindungi anak-anak yang kehilangan orang tuanya dari kekerasan, penelantaran serta eksploitasi. Selain itu, Save the Children juga memberikan bantuan untuk mendukung pemulihan psikososial anak-anak yang tertekan. Jika ada yang memiliki gejala berat, akan disarankan untuk ditangani oleh psikologis profesional jika diperlukan.