International Humanitarian – Keadaan di Romania sangat memprihatinkan karena wilayah ini menjadi lokasi favorit para imigran di Eropa Barat. Sejak tahun 2015, Romania telah menjadi bagian dari rute migrasi Balkan ke negara-negara Eropa Tengah dan Barat.

Sekarang, terdapat peningkatan jumlah pengungsi dan imigran sebanyak 134% di Romania dalam 1 tahun. Sekitar 25% dari jumlah imigran merupakan anak-anak, dan sekitar dua pertiga diantaranya tanpa pendamping.

Perjalanan para imigran ke Eropa Barat memang paling aman melewati Romania dibandingkan lewat Kroasia yang dimana sering terjadi kekerasan.

Jika dilihat situasinya sekarang banyak anak yang tidak memiliki tempat tinggal sheingga mereka tidur di jalanan dan stasiun kereta api, tidak memiliki makanan. Hal ini menjadi beban bagi negara dan Romania juga berjuang mengatasi keadaan ini.

Ada beberapa tempat penampungan yang disediakan, namun masih kurang untuk menampung banyaknya anak-anak imigran di sana. Banyak pula tempat penampungan yang berada dalam kondisi buruk. Bahkan untuk mengantri mendapatkan tempat penampungan, banyak anak tidur di lantai.

Di Romania juga terdapat tim Save The Children yang turut membantu dan menyuarakan bantuan untuk para imigran. Mereka menyatakan bahwa tidak hanya masalah tempat penampungan yang buruk, tetapi kurangnya akses kebersihan dan makanan juga menjadi bahaya. Tidak ada tempat yang aman untuk anak-anak imigran disana, kabarnya ada yang terpaksa satu tempat penampungan dengan pria-pria dewasa.

Isu imigran ini diperparah dengan menyebarnya virus COVID-19 yang menyebabkan Pemerintah Romania juga harus menyediakan tempat isolasi dan layanan kesehatan yang memadai dan sesuai standar yang berlaku.

Save the Children mendukung anak-anak dengan memberikan bantuan berupa makanan, pakaian, dan alat kebersihan seperti disinfektan, masker wajah, dan barang-barang pertolongan pertama. Selain itu anak-anak imigram juga dapat mengikuti program pendidikan dan dukungan psikososial selama mereka tinggal di sana.

Presiden Eksekutif Save the Children Romania, menyatakan bahwa imigran anak tanpa keluarga dan pendamping tanpa disadari sudah menjadi krisis di Romania. Ratusan anak, termasuk anak tanpa wali atau pengasuh, tidak mendapatkan bantuan yang memadai. Mereka tiba di Romania dalam keadaan lapar dan kelelahan, terluka karena cuaca yang buruk, berjalan jauh, dan kurangnya kebersihan yang layak. Menurut pihak Save the Children, penderitaan ini harus segera  diakhiri. Anak-anak berhak untuk dilindungi dan memiliki kehidupan yang bermartabat.

Save the Children mendesak pihak yang berwenang di Romania untuk memastikan orang-orang, terutama anak-anak, memiliki akses ke fasilitas yang memadai, termasuk meningkatkan kapasitas penerimaan imigran saat ini dan berfokus pada anak-anak yang bepergian sendiri dan kelompok rentan lainnya. Mereka harus mendapatkan makanan yang cukup dan dukungan psikologis.