International Humanitarian – Semua anak zaman sekarang pasti sudah tidak asing dengan yang namanya gadget. Hampir setiap saat mereka bersentuhan dengan gadget dan menata layar tersebut dalam waktu yang lama. Apalagi di masa pandemi, di mana sekolah berubah menjadi sistem daring sehingga mereka memiliki banyak waktu luang untuk menatap layar gadget. Padahal terlalu banyak menatap layar HP sangat berbahaya bagi kesehatan mata anak Anda. Mengapa? Karena selain radiasi, sinar biru dari layar gadget itu sangat membahayakan kesehatan mata si kecil.

Lalu bagaimana caranya ya untuk mengurangi paparan intensitas layar gadget untuk anak-anak?

 

1. Buat Penjadwalan

Langkah sederhana pertama yang bisa anda lakukan adalah membuat penjadwalan.  Anda bisa bersama-sama dengan anak Anda membuat kesepakatan jadwal kapan dan berapa lama mereka bisa bermain gadget. Pastinya tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu untuk disiplin dalam menerapkan jadwal tersebut, sehingga anak tahu kapan waktunya bermain gadget, kapan waktunya mengistirahatkan mata. Dengan begitu anak juga belajar bagaimana caranya mengatur waktu untuk prioritas diri sendiri.

 

2. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Cara kedua yang pasti bisa anda lakukan bersama dengan anak anda adalah melakukan aktivitas yang menyenangkan selain bermain gadget. Anda bisa mengajak anak Anda bermain apa saja yang dia sukai. Mungkin bisa mengajak anak story telling, membaca bersama, bermain permainan tradisional, menggambar, menyanyi, bermain musik, menari, tebak-tebakan, memasak, atau berolahraga bersama.

Lakukan kegiatan yang disukai anak, sehingga anak bisa lebih semangat, dan pastinya Anda juga harus ikut terlibat di dalamnya. Melakukan banyak aktivitas bersama juga dapat meningkatkan bonding antara orang tua dengan anak. Walaupun efeknya belum dirasakan saat ini, tapi pasti ada efek di masa depan ketika anak bisa dekat dengan orang tuanya. Selain itu dengan melakukan banyak aktivitas bersama, anda jadi lebih mudah memahami apa sebenarnya minat dan bakat anak Anda sejak dini, sehingga anda tidak terlambat untuk mengasah minat dan bakat si kecil.

 

Kedua cara diatas merupakan cara yang paling sederhana yang pasti bisa anda lakukan bersama dengan buah hati anda. Walaupun mengalihkan perhatiannya dengan melihat gadget itu sangatlah mudah dan meringankan beban anda, tapi Anda juga harus waspada efek dari penggunaan gadget yang berlebih.

Tidak hanya merusak mata, penggunaan gadget yang berlebihan bisa membuat anak tidak mudah bicara kemudian kurang fokus ketika melakukan beberapa aktivitas, mudah tersinggung, dan masih banyak lagi.