International Humanitarian – Bermain merupakan hal yang penting bagi anak-anak. Selain aktivitas yang menyenangkan, rupanya bermain merupakan hal yang sangat bermanfaat. Tidak hanya sekolah atau pelajaran akademis yang penting, namun ruang bermain bagi anak juga sangat penting. Jadi bagi Anda para orang tua jangan menghalangi anak Anda untuk bermain, karena banyak manfaat dalam bermain seperti berikut ini :

 

1. Menstimulus Bicara

Manfaat yang pertama adalah menstimulus progres bicara anak. Melalui permainan, anak-anak dapat menguasai bahasa dan berbicara. Mengapa ini penting? Karena berbicata merupakan tahap awal untuk belajarĀ  hal yang lain. Tanpa kita sadari, dengan bermain, anak dapat mengenal banyak kosakata baru.

 

2. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Kreativitas dan imajinasi merupakan 2 hal yang sangat penting bagi hidup kita. Hal penting tersebut harus mulai dna terus diasah sejak anak usia dini. Menurut berbagai penelitian, dengan memiliki kreativitas yang tinggi, dapat membekali anak-anak ke depannya untuk bisa mengatasi maupun menyelesaikan masalah dengan baik. Selain itu, anak juga dapat memikirkan cara dan pemikiran baru, yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya.

 

3. Membangun Keterampilan Emosional

Manfaat bermain selanjutnya adalah membangun keterampilan emosional anak. Bermain pastinya melibatkan orang lain atau lawan main. Dengan bermain, anak dapat berinteraksi dengan teman-temannya sehingga dapat merasakan bagaimana rasanya menang dan kalah, serta belajar menerima apa yang dilakukan lawan main.

 

4. Menemukan Bakat dan Minat

Dengan mengajak anak bermain kita juga dapat menemukan dan mempelajari bakat minak anak lho. Anda dapat melihat kegiatan apa yang paling disukai anak Anda, misalnya motorik atau condong ke fisik? Semuanya dapat Anda temukan saat memperhatikan si kecil. Dengan memahami kecenderungan sang anak dalam melakukan aktivitas, Anda dapat dengan mudah mengarahkan dan memfasilitasi bakat minat anak Anda.

 

5. Meningkatkan Ketangkasan

Manfaat bermain yang tidak kalah penting adalah dapat meningkatkan ketangkasan anak. Melakukan aktivitas bermain dapat melatih otot-otot bergerak dan berfungsi dengan baik. Otot di tangan dan jari dapat lebih kuat lagi dengan menggenggam, memindah, mengangkat, dan lain-lain. Sedangkan otot yang lebih besar juga dilatih untuk menjaga keseimbangan, berlari, melompat, dan masih banyak lagi.