International Humanitarian – Musik merupakan hal sederhana yang selalu hadir dalam setiap aspek hidup walau sekecil apapun. Semua kalangan dapat menikmati musik, dan ternyata musik sangat baik untuk perkembangan si kecil, lho. Apa saja manfaatnya ?

1. Meningkatkan Kemampuan Akademis

Manfaat pertama dari mendengarkan musik adalah kemampuan akademis anak-anak dapat dengan sendirinya meningkat. Anak akan lebih mudah memecah kode suara atau kata. Dengan mendengarkan musik dan bernyanyi, anak juga belajar mengenai pola urutan yang nantinya berguna untuk belajar matematika dasar. Saat Anak Anda sudah mulai bersekolah, pastinya diajarkan untuk menyanyi beberapa laguj dan harus menghafal liriknya, dengan menghafal dapat melatih kemampuan otak anak untuk mengingat hal-hal yang lain.

 

2. Mengembangkan Emosi dengan Baik

Manfaat yang selanjutnya adalah alunan musik nyatanya dapat membantu menyeimbangkan tubuh dan pikiran si kecil. Tidak hanya mendengarkan musik saja, anak juga bisa mulai mencoba memainkan alat musik. Dengan begitu, mereka akan belajar mengontrol dirinya ketika diajari orang lain dalam bermain musik. Selain itu juga melatih kesabaran dan ketekunan anak dalam menguasai alat musik. Anak juga bisa lebih bahagia dan tidak stress ketika bersentuhan dengan musik. Karena menurut penelitian, mendengarkan musik dapat mengurangi rasa sakit.

 

3. Mempertajam Ingatan dan Konsentrasi

Penelitian telah membuktikan bahwa anak yang terbiasa mendengar dan bermain musik memiliki lebih banyak hubungan antar sel otak, dan hal tersebut sangat penting untuk melatih kemampuan otak anak. Maka dari itu, biasakan sejak dini, kenalkan musik pada anak Anda agar kinerja otaknya lebih efektif, cepat, dan pastinya kreatif. Selain itu, musik juga dapat melatih konsentrasi anak, terutama musik klasik. Mendengar atau bermain musik dapat melatih anak untuk fokus pada satu hal yang dikerjakan, dan ini bermanfaat sebagai bekal mengerjakan tugas di sekolah.

 

4. Meningkatkan Respon Sensorik

Kemudian, musik ternyata juga dapat meningkatkan respon sensorik anak terhadap suara. Dengan musik, anak dapat membedakan dan memahami suara berbagai benda. Mendengarkan musik dengan berbagai genre ternyata juga bisa melatih otak anak agar lebih responsif.

 

Begitulah manfaat mendengarkan musik bagi anak, sangat penting ya ternyata. Yuk, mulai kenalkan musik pada anak Anda sedari dini.