International Humanitarian – Vaksin sangat diperlukan dan harus diberikan kepada anak sejak kecil. Biasanya sedari dini, anak sudah diarahkan untuk vaksin dengan jarak dan dosis tertentu. Ada banyak sekali vaksin yang harus diberikan agar sistem imunitas anak terhadap virus bisa terbentuk mulai sekarang.

Vaksin PCV: Jadwal, Fungsi, Prosedur, dan Risiko

Salah satu vaksin yang penting diberikan adalah vaksin PCV yang dapat mencegah infeksi oleh bakteri pneumokokus. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti pneemonia dan meningitis.

Vaksin PCV terdapat dalam dua jenis yaitu PCV 13 dan PPSV 23 yang dapat diberikan ke anak-anak dan orang dewasa. Biasanya anak-anak di bawah 5 tahun sudah bisa mendapatkan vaksin ini, dan juga beberapa orang yang mengalami kondisi seperti penyakt jantung bawaan, kelainan darah, penyakit kronis , terinfeksi HIV, dna kebiasaan merokok. Namun, vaksin PCV tidak boleh diberikan saat wanita sedang hamil, menyusui, atau orang yang punya riwayat alergi, sakit, atau demam.

Menurut dokter, pemberian vaksin PCV bagi anak-anak ada jadwal dan aturannya. Untuk anak usia 2, 4, dan 6 bulan, setelah divaksin harus diulang kembali saat usia 12­–15 bulan. Kemudian untuk anak berusia 7–12 bulan dapat diberikan dua kali vaksin jika belum menerima vaksin PCV dan harus diulang seteah 2 bulan.  Diatas usia 1 tahun, cukup diberikan satu kali vaksin PCV saja.

Pemberian vaksin PCV ini penting dan aman digunakan. Efek samping yang ditimbulkan setelah vaksin sangatlah umum dan tidak selalu dirasakan oleh semua orang. Biasanya anak akan merasakan nyeri di bagian yang disuntik, demam, nafsu makan berubah selama dua hari. Selain itu, juga bisa menyebabkan efek yang sangat karang terjadi yaitu alergi ringan atau berat. Jika terjadi efek samping yang berat, Anda harus segera melaporkan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Tetapi jangan takut memberikan vaksin ini untuk anak Anda, karena manfaatnya sangat penting bagi kesehatan anak. Bakteri yang dapat menyebabkan penyakit meningitis ini memang harus ditangkal dengan memberikan vaksin.

Ingat, Anda harus menaati peraturaran dan jadwal vaksin rutin untuk anak Anda dan kesehatan anak sangatlah penting untuk diperhatikan.