International Humanitarian – COVID-19 sudah merubah sistem pembelajaran di seluruh belahan dunia, dari pembelajaran tatap muka menjadi jarak jauh atau melalui sistem online.

Kabarnya, di bulan Juli 2021, Pemerintah Indonesia akan mulai mencoba sistem pembelajaran tatap muka kembali dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang harus dilakukan. Namun, pembelajaran tatap muka tidak akan dilakukan jika sebagian besar orang tua murid tidak mneyetujui adanya pembelajaran tatap muka.

Nah, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar anak siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka, walaupun memang belum pasti kapan hal tersebut akan terjadi. Sebaiknya Anda menyiapkan mental dan psikis anak sejak dini, terutama anak yang sedang duduk di bangku TK atau SD.

 

1. Edukasi Anak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengeduksi anak Anda mengenai apa itu COVID-19 dan cara penularannya. Jelaskan seperti apa virus COVID-19 dengan bahasa sederhana sesuai dengan umur anak Anda. Kemudian yang tidak kalah penting adalah menjelaskan cara penularan atau penyebaran dari virus COVID-19. Dengan memberikan informasi yang jelas, maka anak akan mengerti dan menghindari hal-hal yang membuat virus COVID-19 menyebar luas saat berinteraksi dengan banyak orang.

 

2. Rubah Kebiasaan

Hal yang kedua adalah mulai merubah kebiasaan anak dari belajar online menjadi offline. Pada saat belajar online, seringkali pembagian waktu antara sekolah dan bermain tidak ada pembedanya. Banyak anak yang menghabiskan waktunya untuk bermain daripada mengerjakan tugasnya. Sistem belajar online menjadikan jam belajar anak lebih fleksibel dibanding belajar di kelas.

 

3. Siapkan Sarana Protokol Kesehatan

Kemudian yang tidak kalah penting adalah menyiapkan alat atau sarana yang sesuai dengan protokol kesehatan seperti masker, face shield, dan hand sanitizer. Saat nanti sekolah sudah dibuka, sebagai orang tua Anda harus mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Pakaikan masker yang tepat untuk anak Anda. Jika perlu pakaikan face shield juga. Kemudian sisipkan hand sanitizer dan masker cadangan di tas anak Anda.

Memang, jika dibandingkan menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan, akan lebih baik jika mencuci tangan menggunakan sabun, air mengalir, dan pastinya cara mencuci tangan yang benar.

Tiga hal tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dan dipersiapkan untuk anak Anda. Sebagai orang tua, juga sangat penting mempertimbangkan, apakah wilayah dan sekolah anak Anda sudah siap menghadapi pembelajaran tatap muka di bulan Juli mendatang.