International Humanitarian – Lebih dari 1,5 juta, lebih dari sepertiga anak balita di Burkina Faso, Afrika Barat, menghadapi krisis gizi. Mneurut data dari Save the Children, saat ini, hampir 13 juta orang di sana menghadapi kekurangan pangan di Burkina Faso, dan hampir setengahnya adalah anak-anak.

Kekerasan telah membuat ratusan ribu orang mengungsi, dan memperburuk keadaan anak-anak. Wilayah timur dan tengah-utara negara itu termasuk di antara yang terkena dampak paling parah, karena sebanyak 670.000 anak-anak harus meninggalkan rumah bersama keluarga mereka.

Ketidakamanan di pedesaan menyebabkan banyak keluarga tidak dapat bekerja di ladang atau memelihara hewan, karena takut diserang oleh kelompok bersenjata,

Untuk mendukung komunitas dan anak-anak yang paling rentan, Save the Children telah membantu lebih dari 170.000 anak selama setahun terakhir, termasuk mereka yang tinggal di kamp pengungsian.

Menurut PBB, lebih dari $ 600 juta dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang meningkat di Burkina Faso. Dalam tiga bulan pertama tahun 2021 hanya 3,7% dari anggaran ini yang telah ditutup.

Untuk kebutuhan nutrisi tertentu, hanya $ 2,8 juta dari $ 46,4 juta yang telah diamankan, dan masih membutuhkan banyak dukungan lagi. Krisis ini pun bersamaan dengan merebaknya virus COVID-19 yang semakin memperparah keadaan.

Direktur Save the Children di Burkina Faso menyatakan bahwa harus berfokus membantu anak-anak yang kekurangan gizi, karena kesejahteraan, masa depan, bahkan nyawa mereka bisa mengancam mereka lebih parah kapan saja. Meningkatnya rasa tidak aman dan dampak perubahan iklim memperparah masalah dengan mengganggu produksi pangan dan ekonomi rumah tangga.

Dengan 3,5 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan yang mendesak tahun ini, Save the Children menyerukan kepada pemerintah dan komunitas internasional untuk terus melakukan semua upaya untuk segera menanggapi situasi di Burkina Faso untuk menyelamatkan generasi. Bersama-sama harus tanggap dan mencegah ketersediaan sumber pangan serta menjamin kecukupan gizi untuk semua anak di Burkina Faso.

Pihak Save the Children juga terus mengedukasi para ibu di sana agar semakin memperhatikan kebutuhan nutrisi dan gizi untuk anak dan keluarga mereka.