International Humnitarian – Pendidikan merupakan hal mendasar yang perlu diratakan di seluruh Indonesia. Semua anak di Indonesia berhak mendapatkan kualitas pendidikan yang baik. Kita sebagai warga negara juga memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk sama-sama menjamin pemerataan pendidikan di negara ini.

Masa tumbuh kembang anak adalah hal yang penting. Selain itu, hubungan orangtua dan anak yang diperoleh dari stimulasi psikososial menjadi dasar terbentuknya perkembangan positif pada anak. Hubungan anak dan orang tua sendiri sangat penting untuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak pada masa yang akan datang. Untuk mencapai tujuan tersebut, Tanoto Foundation memiliki tiga strategi pengembangan anak usia dini yang holistik dan integratif yang dituangkan dalam program SIGAP yang memiliki tiga program Sigap, yaitu penurunan angka stunting, peningkatan kualitas pengasuhan anak usia dini, dan meningkatkan akses ke layanan anak usia dini yang berkualitas.

Salah satu organisasi di Indonesia, Tanoto Foundation, melalui Rumah Siapkan Generasi Anak Berprestasi (SIGAP) untuk memastikan anak Indonesia berkembang sesuai dengan tahap perkembangnya dan bersekolah. Rumah SIGAP merupakan pusat layanan pengasuhan, pengembangan anak usia dini dari 0 hingga 3 tahun. Semua hal tersebut sangat penting karena merupakan dasar perkembangan anak.

Di dalam Rumah SIGAP terdapat Pusat Anak SIGAP. Kali ini Tanoto Foundation bekerjasama langsung dengan Pemkab Pandeglang, Pemkab Kutai Kartanegara dan Pemprov DKI Jakarta untuk membangun dan merenovasi 22 lokasi Pusat Anak SIGAP. Persebaran 22 lokasi tersebut adalah 4 sentra di DKI Jakarta, 9 sentra di Kabupaten Kutai Kartanegara, dan 9 sentra di Kabupaten Pandeglang.

Kehadiran Pusat Anak SIGAP memberi harapan baru bagi pendidikan anak di Indonesia. Semua pihak berharap dengan adanya Rumah SIGAP ini dapat menjadi tempat yang baik untuk memberikan pendidikan dan asuhan agar anak Indonesia makin cerdas. Dan nampaknya program ini akan berjalan dengan baik.  Besar harapan seluruh fasilitas yang disediakan dapat mencetak generasi-generasi emas penerus bangsa.