International Humanitarian – Bakat dan minat merupakan hal yang penting untuk ditemukan sejak dini. Menurut pengertiannya, bakat merupakan kemampuan atau keahlian yang bisa dilakukan seseorang. Sedangkan minat merupakan ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Seringkali kita berpikir bahwa bakat dan minat akan muncul dengan sendirinya saat sudah mulai dewasa dan mengalir saja. Nah, ternyata pemahaman itu salah, sejak bayi, ornag tua sudah bisa mulai mengenali bakat dan minat anak. Jika ornag tua bisa mengenali bakat dan minat anak sejak dini, akan lebih mudah mengarahkan dan mendukung perkembangan anak. Berikut ada beberapa tips menemukan bakat dan minat anak sejak dini.

 

1. Memperhatikan Anak

Hal pertama dan paling mudah yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua adalah memperhatikan anak dengan seksama dalam setiap tumbuh kembangnya. Dengan memperhatikan anak, Anda bisa memahami kegiatan apa yang paling dia sukai atau kebiasaan apa yang dia lakukan saat menghadapi sesuatu.

 

2. Beri Ruang

Setelah Anda mengetahui minat dan bakat anak Anda, selanjutnya Anda harus memberi ruang bagi Anak untuk terus mengembangkannya. Jangan mengekang anak Anda, tetapi arahkan bakat dan minatnya supaya lebih bisa berkembang. Berikan kesempatan dan ruang agar anak dapat mengembangkan kemampuannya. Dengan memberikan ruang, dapat membuat anak lebih percaya diri dalam mengembangkan bakat dan minatnya yang unik.

 

3. Bangun Komunikasi Dua Arah yang Positif

Tips selanjutnya, sebagai orang tua Anda harus membangun komunikasi dua arah yang positif dengan anak. Membangun komunikasi sama pentingnya dengan memberi kepercayaan kepada anak. Dengan komunikasi yang baik, anak dapat menyampaikan dan mengekspresikan apa yang diinginkan kepada orang tua. Begitu pula dengan orang tua dapat mengarahkan dan mengutarakan pendapat dan masukan kepada anak.

Dengan memiliki komunikasi dan memberikan kepercayaan untuk anak sudah menjadikan Anda orang tua yang fleksibel. Karena di zaman ini, sangat dibutuhkan orang tua yang fleksibel terhadap perkembangan zaman yang mempengaruhi anak Anda. Orang tua yang fleksibel dapat mengarahkan anak sesuai dengan bakat minat serta trend positif yang sedang ada.

 

4. Memfasilitasi Anak

Hal terakhir yang harus dilakukan setelah mengetahui bakat dan minat anak adalah mefasilitasi anak. Anda bisa mengajari atau memberikan tutor untuk mengembangkan bakat minatnya.