International Humanitarian – Penting bagi kita untuk membangun kepercayaan diri anak sejak dini, karena hal tersebut sangat mendasar dan penting bagi diri anak di masa tumbuh kembangnya. Seringkali sebagai orang tua tidak menyadari bahwa hal mendasar ini harus dibangun dan dikembangkan terus menerus. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan diri anak Anda.

 

1. Memberikan Apresiasi

Cara yang pertama adalah aktif memberikan apresiasi pada si kecil. Hal kecil maupun besar yang sudah dilakukan dan dicapai oleh anak perlu diapresiasi. Namun seringkali, sebagai orang tua masih kurang peduli terhadap kebiasaan baik ini, karena sebagian berpendapat bahwa dengan memuji dapat memanjakan anak. Pendapat itu tidak sepenuhnya salah, tetapi dengan memberikan apresiasi dan pujian terhadap pencapaian anak dalam waktu dan porsi yang tepat, nyatanya dapat meningkatkan kepercayaan diri Anak untuk terus maju dan berkembang. Memberikan apresiasi yang tepat membuat anak lebih dihargai dan tidak mudah down saat menghadapi tantangan.

 

2. Memberikan Ruang Kesempatan

Kemudian, sedari kecil Anda bisa memberikan kesempatan anak untuk mencoba dan memutuskan berbagai hal sederhana. Budaya orang tua yang terlalu dominan ternyata kurang cocok dengan perkembangan zaman sekarang. Saat ini, anak perlu dilatih dan diberikan ruang kesempatan seluas-luasnya untuk mengeksplor apa yang menjadi minat dan bakat mereka. Belajarlah memberikan kepercayaan kepada anak Anda, pastinya dengan diberi penjelasan bahwa apa yang dilakukan harus bisa dipertanggungjawabkan nantinya. Mulailah melatih anak untuk dapat memutuskan hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya hal memilih pakaian, memilih makanan, memilih aktivitas yang ingin dilakukan. Dengan belajar memilih dan memutuskan sudah dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka sendiri. Pastinya dengan diberi kesempatan, Anak menjadi semakin percaya diri karena orang terdekatnya saja mempercayai dia.

 

3. Hindari Mengkritik Anak di Depan Umum

Tips yang selanjutnya adalah hindari mengkritik anak Anda di depan umum. Daripada melakukan hal tersebut, lebih baik Anda memuji anak di depan umum, dan mengkritik atau memarahinya saat di rumah atau jika sedang berdua dengan anak. Mengkritik atau memarahi anak di depan umu, justru akan membuat nyali mereka kecil dan tidak percaya diri di depan orang-orang sekitar. Kata-kata yang menyakitkan bisa melukai perasaan dan tingkat kepercayaan diri anak. Usahakan memberi saran kepada anak di tempat privat dengan kata-kata yang membangun.