International Humanitarian – Dalam hidup bersosialisasi, kita butuh jiwa yang mau berbagi dengan orang lain. Maka dari itu, sikap mau berbagi dengan orang lain harus ditanamkan sejak dini, karena biasanya manusia hanya terpusat pada diri dan egonya sendiri. Sebagai orangtua yang baik, Anda harus mulai mengajarkan cara berbagi dengan sikapdan hati yang baik, karena semua itu ditanamkan dari nilai-nilai orang terdekat. Biasanya anak akan meniru dan meneladani apa yang diajarkan orang terdekat. Anda dapat menjadi contoh yang baik terlebih dahulu bagi anak untuk berbagi dengan sesama. Ada beberapa tips untuk melatih anak berbagi sejak dini.

 

1. Menjadi Contoh Bagi Anak

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menjadi contoh atau teladan bagi anak Anda. Bisa dikatakan ini mudah dan sulit, karena anak otomatis akan meniru kebiasaan orang tuanya. Ajari anak untuk tidak pelit terhadap saudara maupun lawan mainnya. Anda dapat memberikan sesuatu barang atau makanan kepada ornag lain di depan anak Anda. Dengan begitu, anak akan melihat bahwa orang tuanya juga tidak pelit terhadap orang lain. Selain itu, sesekali Anda juga bisa mnegajak anak untuk berbagi dalam program atau kegiatan amal. Mulai ajari berbagi dengan jumlah yang kecil saja sudah cukup. Hal tersebut dilakukan agar anak juga merasa mampu untuk berbagi karena anak-anak pasti tidak memiliki banyak dana.

 

2. Belajar Berempati 

Selain menjadi contoh, Anda juga perlu mengajarkan bagaimana berempati terhadap orang lain. Empati lebih dari hanya simpati saja. Jika Anda berempati, Anda tidak hanya merasakan tetapi juga bertindak untuk membantu orang lain. Sejak dini mulai beri pengertian ke anak, bahwa semua manusia memiliki perasaan dan tindakan yang harus dihargai. Kenalkan kepada anak bahwa ornag memiliki hidup dan perasaan masing-masing. Mulai asah tingkat berempati anak seperti mengajari anak berdiri di sepatu orang lain atau memposisikan sebagai orang lain. Dengan seperti itu anak lebih mudah mengerti perasaan lain dan tahu harus bertindak seperti apa.

 

3. Ajak Anak Terlibat dalam Kegiatan Sosial

Kemudian cara lainnya adalah mengajak anak sedini mungkin ikut dalam kegiatan sosial. Dalam kegiatan sosial, anak akan belajar bagaimana caranya berbagi dengan orang lain, apa itu berdonasi. apa itu beramal. Mereka juga akan mengerti apa tujuan dari berbagi, mereka dapat melihat dan merasakan secara langsung saat berbagi. Penjelasan yang lebih dalam juga diperlukan agar anak lebih memahami mengapa mereka harus berbagi. Kegiatan sosial yang paling mudah adalah pergi ke panti asuhan atau panti jompo dan berbagi kebutuhan yang mereka butuhkan. Biasanya di panti asuhan, anak-anak bisa berinteraksi langsung dan belajar mengasihi orang lain.