International Humanitarian – Hampir semuaanak di dunia saat ini melakukan kegiatan pembelajaran secara daring dari rumah masing-masing. Siswa dan guru dituntut untuk mengalihkan pembelajaran offline ke online karena virus COVID-19. Tidak mudah untuk beradaptasi dengan belajar online, semua mengalami trial and error. Bagaimana cara terbaik melakukan pembelajaran online saat ini ?

 

1. Kesadaran dan Motivasi

Baik siswa maupun guru harus memiliki kesadaran yang sama bahwa kita dituntut melakukan kegiatan pembelajaran secara online. Masing-masing pihak harus punya motivasi kuat untuk belajar hal-hal baru. Karena dengan belajar hal baru, muncul inovasi dan peningkatan prestasi akademik. Siswa dan guru harus sama-sama sadar pentingnya berbenah diri untuk menjadikan kegiatan pembelajaran lebih baik lagi. Guru harus memiliki motivasi untuk lebih semangat berinovasi dalam menyampaikan materi dengan jelas. Murid juga harus semakin memperhatikan pembelajaran jarak jauh ini, karena akan sangat sulit sekali jika tidak memperhatikan.

 

2. Menguasai Teknologi

Banyak sekali teknologi maupun aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung belajar daring. Dalam hal ini, penguasaan terhadap teknologi yang digunakan untuk sekolah online sangat mendasar. Bahkan sebagai guru, harus memahami semua fitur yang diberikan oleh aplikasi yang digunakan, agar pembelajaran makin efisien dan jelas. Mempelajari teknologi bisa dari mana saja, Anda bisa bertanya kepada teman maupun mencari tutorial di internet. Di zaman sekarang, tidak ada yang tidak bisa dipelajari, semua sumber belajar sudah sangat banyak tersebar.

 

3. Membuat To-Do List

Melakukan semua aktivitas dari rumah, seringkali membuat kita bingung apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Keadaan serba online justru menjadikan kegiatan kita lebih padat, bahkan bisa mengerjakan dua tugas sekaligus di dua gadget yang berbeda. Sekolah online juga menjadikan PR anak semakin banyak karena sebagai acuan guru menilai pemahaman siswa terhadap suatu materi. Banyak anak sekarang mengeluhkan banyaknya tugas yang harus mereka lakukan. Cobalah bimbing anak untuk membuat skala prioritas dalam kertas bertuliskan to-do list. Orang tua harus mengajari anak apa merancang apa saj ayang harus dia kerjakan dalam 1 hari. Semakin baik lagi jika diurutkan dari yang paling penting hingga yang biasa saja,

 

4. Pendampingan Orang Tua

Cara belajar online yang efektif selanjutnya adalah hadirnya pendampingan orang tua terhadap kegiatan belajar anak. Orang tua harus setia mengikuti materi dan tugas yang diberikan. Mendampingi anak-anak dalam belajar saat sesi sekolah online atau mengerjakan tugas. Dengan perhatian orang tua yang penuh membuat anak bisa lebih mudah memahami dan mengikuti materi yang diberikan guru.