International Humanitarian – Saat ini Virus COVID-19 sedang menyebar luar biasa pesat, terutama yang dikhawatirkan adalah Virus COVID-19 asal India. Varian virus ini menyebar dengan cepat dan tidak mengenal rentang usia bahkan anak anak. Namun mengedukasi anak mengenai Virus COVID-19 tidaklah mudah. Bagaimana cara menjelaskan penularan virus kepada anak dengan mudah dan baik ?

1. Menjelaskan Virusnya

Menjelaskan virusnya merupakan cara pertama yang paling mendasar yang harus And lakukan sebagai orang tua. Jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak.

Virus adalah mikroorganisme yang berukuran lebih kecil dari bakteri dan bersifat parasit. Ukuran yang sangatg kecil ini tidak dapat dilihat dengan kasat mata saja, melainkan harus menggunakan mikroskop. Virus dapat menginfeksi semua makhluk hidup bahkan bakteri sekalipun.

Selain menjelaskan virus itu apa, Anda juga dapat memberitahu bagaimana bentuk virus. Ada beberapa bentuk virus yaitu bulat, batang, polyhedral, T, dan lain-lain.

 

2. Jelaskan Bagaimana dan Dimana Virus Menyebar

Tips yang kedua adalah menjelaskan bagaiman dan dimana virus itu dapat menyebar dan menular. Virus akan menyerang sel pada tubuh makhluk hidup dan menyebarkannya pada sel lain. Perlu diketahui anak, bahwa virus dapat menyebar dan menular tanpa mengenal waktu dan tempat.

Virus dapat menular secara langsung melalui sentuhan kuli, bersin, batuk, penggunaan jarum suntik yang bergantian, memegang benda yang terkena virus, berada dalam ruangan yang sama dengan orang yang terjangkit virus, dan lain-lain. Penghentian virus dapat melalui obat namun tidak akan cepat atau membutuhkan waktu.

 

3. Tindakan Pencegahan

Setelah anak mengetahui seperti apa virus dan bahaya penyebarannya, Anda juga harus memberitahukan bagaimana kemudian tindakan pencegahan agar tidak tertular virus terutama COVID-19.

Biasakan anak untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dengan cara yang benar. Selain itu, juga bisa menggunakan hand sanitizer saat sedang bepergian. Hindari kerumunan, beritahu anak supaya tidak berdekatan dengan orang yang sedang sakit, minimalkan kontak fisik dengan orang. Kemudian ajarkan untuk tidak menyentuh area wajah saat tangan sedang kotor. Untuk menjaga imunitas, biasakan anak untuk makan sayur, buah, minum air putih, vitamin, dan berolahraga.