International Humanitarian – Apakah anak Anda tumbuh dengan rambut yang tipis? Saat lahir biasanya akan terlihat apakah rambut si kecil langsung tebal atau tipis.

Biasanya orang tua menginginkan anaknya memiliki rambut yang tebal dan tumbuh sehat. Beberapa tips di bawah ini bisa Anda terapkan ke anak Anda agar rambutnya tumbuh lebat dan sehat.

 

1. Mencuci Rambut secara Teratur

Tips yang pertama adalah mencuci rambut anak secara teratur. Jaga kebersihan rambut dan kepala anak Anda dengan cara mencuci rambutnya. Anda bisa mencuci rambutnya 3 kali seminggu menggunakan sampo khusus anak-anak.

Keringat yang menempel di kepala harus segera dibersihkan agar tidak muncul infeksi dan iritasi. Kondisi tersebut bisa memicu munculnya gatal dan perih, sehingga bayi pun menjadi tidak nyaman.

Saat mencuci rambutnya, berikan pijatan lembut agar semakin rileks, dan rambut bisa tumbuh dengan perlahan nantinya. Jangan cuci rambutnya setiap hari agar kelembaban rambut tetap terjaga.

 

2. Memberikan Nutrisi yang Cukup

Anda juga harus memberikan nutrisi yang cukup agar rambut bisa tumbuh dengan lebat. Dibutuhkan berbagai vitamin dan mineral untuk membantu pertumbuhan rambut anak yang sehat.

Berikan Vitamin A yang terdapat pada wortel dan sayuran hijau. Kemudian Vitamin B12 dan B7 yang bsia ditemukan dalam susu, telur, ayam. Biarkan anak mengonsumsi ikan salmon dan ikan tuna untuk mendapatkan sumber Omega 3 untuk membuat rambut berkilau.

Anak juga membutuhkan Vitamin C yang terdapat pada jeruk, tomat, strawberry, dan paprika. Vitamin C berguna untuk menghindarkan rambut dari kerontokan. Tidak ketinggalan juga berikan protein, Vitamin E, Asam folat dalam vitamin B9, kalsium dan mineral.

Jika Anda masih menyusui anak Anda, pastinya Anda juga harus memakan makanan penuh nutrisi seperti yang disebutkan, agar kandungan ASI semakin baik dan mempengaruhi pertumbuhan rambut si kecil.

Selain itu, dibutuhkan nutrisi dari luar juga, Anda bisa mengusapkan minyak kemiri di kepala si kecil sambil dipijat lembut agar merangsang pertumbuhan rambutnya.

 

3. Menggunakan Handuk Lembut

Yang ketiga adalah menggunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan rambut anak Anda. Pemilihan bahan handuk ternyata sangat mempengaruhi pertumbuhan rambut si kecil. Gunakan bahan yang paling lembut, keringakan rambut dan kepala dengan lembut. Kemudian barulah disisir dan ditata.